Thursday 11 October 2018

Berdoa dalam Teori Komunikasi


TUGAS
KOMUNIKASI BISNIS
Analisis Model Komunikasi dan Dalam Kegiatan Beribadah Berdoa



Oleh :
  • M FAJAR FIRDAUS                          (19) 
  • NPM                                        2301160308



Dosen Pengampu:
Eman Sulaiman Nasim


 
KELAS 5-7
PROGRAM STUDI DIPLOMA III PAJAK
POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN
2018






Model Komunikasi

        Komunikasi adalah sebuah proses yang cukup kompleks karenanya perlu untuk mengetahui siapa yang memulai komunikasi, kepada siapa komunikasi ditujukan, apa isi komunikasi dan dimana komunikasi berawal dan berakhir. Untuk memahami proses komunikasi yang sedemikian kompleks, diperlukan suatu instrumen yang membantu menjelaskan proses komunikasi. Instrumen tersebut adalah model komunikasi. Model komunikasi adalah sebuah model konseptual untuk menjelaskan proses komunikasi manusia dan memperlihatkan proses komunikasi dengan menggunakan berbagai simbol. Model komunikasi membentuk perspektif komunikasi dengan menguraikan komunikasi yang begitu kompleks menjadi lebih sederhana tanpa menghilangkan komponen-komponen yang ada di dalamnya. Jenis-jenis Model Komunikasi dari berbagai model komunikasi yang telah dirumuskan oleh para ahli, dapat dirangkum bahwa model komunikasi dapat diklasifikasikan ke dalam 3 (tiga) jenis model komunikasi, yaitu model komunikasi linear, model komunikasi transaksional, dan model komunikasi interaksional.
1. Model Komunikasi Linear
         Model komunikasi linear adalah model komunikasi yang sangat sederhana dan menggambarkan komunikasi berlangsung secara satu arah. Arus pesan digambarkan bersifat langsung dari pengirim pesan ke penerima pesan. Dalam model komunikasi linear tidak terdapat konsep umpan balik dan penerima pesan bersifat pasif dalam menerima pesan. Model komunikasi yang merujuk pada model komunikasi linear diantaranya adalah model komunikasi Aristoteles, model komunikasi Lasswell, model komunikasi SMCR Berlo, dan model komunikasi Shannon dan Weaver. 
                                               
 2. Model Komunikasi Interaksional
     Model komunikasi interaksi adalah model komunikasi yang menggambarkan komunikasi berlangsung dua arah. Umumnya model komunikasi interaksi digunakan dalam media baru seperti internet atau media komunikasi modern. Model komunikasi yang merujuk pada model komunikasi interaksi adalah model Osgood dan Schramm. Para ahli telah mengenalkan berbagai macam model komunikasi sebagai upaya untuk menggambarkan dan menjelaskan proses komunikasi serta berbagai faktor yang mempengaruhi arus serta efektivitas komunikasi.


3. Model Komunikasi Transaksional
      Model komunikasi transaksional adalah model komunikasi yang menekankan pada pentingnya peran pengirim pesan dan penerima pesan dalam proses komunikasi yang berlangsung dua arah. Model komunikasi transaksional mengaitkan komunikasi dengan konteks sosial, konteks hubungan, dan konteks budaya. Dalam model ini digambarkan bahwa kita berkomunikasi tidak hanya sebagai ajang untuk pertukaran pesan melainkan untuk membangun hubungan. Model komunikasi yang merujuk pada model komunikasi transaksional diantaranya adalah model komunikasi transaksional Barnlund.


Model Komunikasi Dalam Berdoa
            Manusia sebagai makhluk spiritual beribadah kepada Tuhannya sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Salah satu contoh ibadah yang sering kita lakukan adalah berdoa. Dengan berdoa, manusia mengutarakan isi hatinya kepada Tuhannya, baik itu berupa pengaduan, permohonan atau ucapan syukur atas berkat dan rahmat yang telah diberikan oleh Tuhannya. Sebenarnya, kebutuhan untuk menjalin hubungan dengan Allah ada pada setiap karakter manusia, merupakan syarat penciptaan. Akan tetapi, di lain hal berdo’a merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan bagi orang beriman, namun untuk beberapa orang hal itu merupakan bentuk tindakan penyembahan yang hanya perlu diingat di waktu mereka berhadapan dengan kesulitan atau situasi yang membahayakan kehidupan mereka. Hal ini merupakan kesalahan besar karena yang paling baik adalah memohon kepada Allah Yang Maha Besar pada kedua kondisi tersebut, baik dalam kesulitan dan kemudahan untuk memohon ampunan-Nya.
Gambar 1 Umat Muslim Berdoa
            Berdoa, merupakan sebuah komunikasi yang unik karena bentuknya sendiri adalah spiritual. Berdoa, melalui teori model komunikasi, tidak dapat secara mudah dikelompokkan.
            Berdoa pada awalnya adalah termasuk dalam komunikasi yang linear, dimana kita mencurahkan pesan hati kita kepada Tuhan. Hal ini umum disebut juga sebagai komunikasi intrapersona. Kemudian, berdoa dapat menjadi komunikasi interaksional, ketika Tuhan menjawab dan membalas doa yang kita sampaikan. Setelah itu, berdoa dapat pula menjadi komunikasi transaksional, ketika Tuhan langsung membalas dan menjawab doa yang dipanjatkan.





6 comments: